Jumat, 21 Maret 2014

Desa Tanjungan, Nominasi Nasional Sebagai Desa Penanggulangan KDRT 2014

http://mojokertokab.go.id/files/berita/b7a9629a11.jpg
Tim Penilai Pusat dan Ketua TP PKK Kab.Mojokerto kunjungi anak-anak
Warga Desa Tanjungan Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto menyambut kedatangan tim penilai lomba dari Pusat. Kedatangan tim penilai ini dalam rangka melaksanakan tinjauan lapangan atas hasil laporan yang telah dikirim ke Jakarta beberapa waktu lalu. Daer hasil penilaian tersebut, Desa Tanjungan terpilih sebagai enam nominator pelaksana terbaik lomba PKK bidang Penanggulangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (P KDRT) tingkat nasional.
Berada di balai desa setempat, Tim Penilai yang diketuai oleh Widarto mendapat suguhan penampilan fragmen warga dalam simulasi P KDRT, Kamis 20  Maret 2014. Ikfina dalam sambutannya menyampaikan beberapa program yang saat ini digagas pemerintah daerah melalui dinas terkait dalam rangka penanggulangan dan penanganan kekerasan dalam rumah tangga. “Perjalanan Desa tanjungan menjadi desa pelaksana P KDRT melalui proses yang panjang dan sudah dimulai sejak tahun 2011. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pelatihan kader penanggulangan KDRT, sosialisasi pencegahan KDRT melalui pengajian, membentuk kelompok simulasi KDRT di tiap-tiap dusun, membentuk gugus tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (P2A) Tanjung Harapan, serta pos bimbingan konseling KDRT Tanjung Sejahtera,” paparnya.
Widarto mengatakan tugas tim pembina KDRT adalah sebagai penyuluh, penggerak masyarakat agar aktif dan inovatif, serta membuat catatan sederhana sebagai masukan dan motivasi. Dikatakan pula, tujuan tim penilai adalah untuk melihat perkembangan dan melihat langsung kondisi lapangan dibandingkan dengan laporan yang sudah masuk. “Saya bersama tim, akan melihat pelaksanaan P KDRT di Desa Tanjungan. Dan menilai apakah kondisi di lapangan sama, kurang atau bahkan lebih baik dan lengkap dibanding laporan yang masuk. Tentunya semua berharap kondisi di lapangan akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap hingga penilaiannya akan lebih maksimal,” katanya.
Di desa tanjungan juga terdapat program radio komunitas suara tanjung. Pendirian radio ini sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, sosialisasi dan komunikasi berbagai permasalahan hingga dialog interaktif untuk mendapatkan pemecahan masalah yang ada dalam masyarakat. Serta sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam menyuarakan ide-ide bermanfaat dan transparansi menuju pembangunan yang berkelanjutan.
Terdapat 42 titik penilaian yang akan dikunjungi, diantaranya penilaian administrasi PKK, tinjauan gugus tugas P2A, simulasi KDRT, pos bimbingan konseling, posko kader siaga KDRT, kelompok pola asuh anak ceria, serta simulasi kadarkum, pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R). Kegiatan pembinaan ekonomi keluarga diantaranya berupa pelatihan keterampilan warga dalam memproduksi jamu, aneka kue dan beberapa produk perawatan kecantikan, mendorong warung hidup, pupuk organik dan tanaman toga.
 Kepedulian antar warga ditunjukkan melalui kegiatan pengumpulan iuran untuk warga miskin dalam pengajian, kegiatan rukun kematian, serta  posko jam wajib belajar. (Bagian PDE + Bagian Humas dan Protokol)

Sumber:www.mojokertokab.go.id