Selasa, 25 Februari 2014

Pasar Desa Kemlagi wakili Kab. Mojokerto ikuti Lomba Pasar Desa Tingkat Jawa Timur 2014

Pada hari ini, Selasa 25 Pebruari 2014  Pasar Desa Kemlagi dikunjungi oleh Tim Penilai Lomba Pasar Desa Tingkat Jawa Timur 2014 yaitu Bapemas Provinsi Jawa Timur.  Sejak pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB tim penilai sudah blusukan melihat kondisi Pasar Desa Kemlagi
http://htmlimg4.scribdassets.com/1ffsrbrnnk3h6ki7/images/36-9448d6f505.jpg
Tampak depan pasar
http://htmlimg3.scribdassets.com/1ffsrbrnnk3h6ki7/images/38-9da0bf7546.jpg
Dalam pasar dan tempat parkir

Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB disampaikan paparan  dari beberapa pihak terkait dengan lomba ini yang bertempat di Balai Desa Kemlagi. Mulai dari Kepala Desa Kemlagi, Kepala Pasar Kemlagi, Camat Kemlagi dan SKPD Kab. Mojokerto terkait dan juga dari Tim Penilai(Bapemas Prov. Jatim)

Adapun aspek yang dinilai dalam lomba pasar ini adalah penilaian menitikberatkan pada beberapa kriteria penilaian diantaranya tentang organisasi, administrasi, penggunaan, pendapatan, perdagangan, bahan bangunan, kebersihan dan keamanan.

Pasar Desa Kemlagi sejak 1 Januari 2013 dikelola sendiri oleh Desa Kemlagi sebagaimana amanat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 42 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pasar Desa, maka sebelum berakhirnya tahun 2012 Pemkab Mojokerto dalam hal ini Disperindag Kab. Mojokerto menandatangani kesepakatan bersama dengan Kepala Desa Kemlagi tentang pengembalian Pasar Desa Kemlagi menjadi pasar desa murni ( yang selama ini merupakan pasar kerjasama antara Desa Kemlagi dengan Pemkab Mojokerto).

Meskipun baru seumur jagung ( sekitar 1 tahun) pasar ini dikelola sendiri oleh Desa Kemlagi yang untuk  susunan Pengelola Pasar dan Pengawas Pasar Desa Kemlagi dipilih melalui jalan musyawarah masyarakat Desa Kemlagi.  Pengelola dan Pengawas Pasar berupaya semaksimal mungkin untuk mengelola pasar ini sebaik mungkin disamping study banding dengan pasar-pasar yang sudah maju, juga berupaya mencari terobosan baru untuk bekerja sama dengan pihak lain terkait dengan bagaimana mengelola pasar ini menjadi lebih baik lagi.

Tahun 2014 ini Pasar Desa Kemlagi yang diberi nama "Pasar Raya Desa Kemlagi" dipercaya oleh Pemkab Mojokerto untuk mewakili Kabupaten Mojokerto mengikuti lomba pasar desa tingkat Provinsi Jawa Timur.  Mudah-mudahan dengan dukungan seluruh komponen masyarakat Desa Kemlagi, Camat Kemlagi dan jajaran serta SKPD Kab Mojokerto terkait, Pasar Raya Desa Kemlagi  dalam lomba ini membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.