Selasa, 18 Februari 2014

Alhamdulillah, Akhirnya Presiden SBY Sambangi Pengungsi Akibat Erupsi Gunung Kelud

Sekitar 3.000 pengungsi yang berasal dari desa-desa sekitar 7-10 kilometer dari Gunung Kelud, yang mengungsi di Masjid An-Nuur, Pare, Kedir, Jawa Timur, menyambut antusias kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono, Senin (17/2) siang.

http://setkab.go.id/media/article/images/2014/02/17/r/e/rebut_pare.jpg
Presiden SBY
Mereka berebut mendekati untuk sekedar berjabat tangan dan mendapat sapaan dari Presiden SBY dan Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono. Presiden pun dengan akrab berusaha menyambut jabat tangan warga.

Presiden mengatakan, kunjungannya adalah untuk memastikan semua program pelayanan kepada para pengungsi berjalan dengan baik. "Apa kabar? Saya dan Ibu Negara berkunjung ke sini untuk memastikan semuanya berjalan baik," kata Presiden SBY saat menyapa para pengungsi letusan Gunung Kelud, di Posko Masjid Agung An-Nuur itu.

Presiden menegaskan, sudah menjadi kewajiban dari Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati dan jajaran pemerintah untuk menyelamatkan dan mengamankan rakyatnya. Untuk itu, Presiden meminta agar Bupati dan jajarannya mengelola dan menyalurkan bantuan dari pemerintah pusat dengan baik, agar sampai ke sasaran yang diharapkan
Kepada para pengungsi, Presiden mengingatkan mereka untuk mematuhi imbauan petugas jika memang dilarang masuk kawasan berbahaya. “Itu semua demi keselamatan warga sendiri. Pemerintah akan berusaha memberi pelayanan yang baik selama berada di pengungsian,” ujar SBY.

Menurut Kepala Negara, selama berada di pengungsian, warga  akan diberikan pelayanan sebagaimana mestinya. Kebutuhan sehari-hari seperti makan akan diberikan. Dan bagi yang sakit, akan diberikan pelayanan kesehatan.

Selain mengunjungi Posko Pengungsi di Masjid An Nuur Pare, dalam kunjungan kali ini, Presiden SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono juga dijadwalkan mengunjungi posko pengungsi di Balai Pamitran, Desa Segaran, Kecamatan Wates.

Selain itu, Presiden SBY dan rombongan akan mengunjungi posko di Desa Nglegok, Kabupaten Blitar. Kemudian, pukul 16.00 WIB,  melanjutkan perjalan ke Kabupaten Malang, dan akan menginap di Wisma Gajah Mada, Pangkalan TNI AL, Kota Malang.

Sejumlah pejabat tampak menyertai kunjungan Presiden SBY dan Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono ini, antara lain Turut dalam kunjungan kerja kali ini, antara lain, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri ESDM Jero Wacik, Menkes Nafsiah Mboi, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya, Kapolri Jenderal Sutarman, dan Kepala BNPB Syamsul Maarif.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Gunung Kelud yang berada di perbatasan tiga kota, yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang meletus pada Kamis (13/2), pukul 22.50 WIB. Diperkirakan jumlah material vulkanik yang dimuntahkan mencapai 120 juta hingga 200 juta meter kubik.

Sebaran abu vulkanik dari Gunung Kelud pada Jumat (14/2) mencapai sejumlah tempat di wilayah Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sumber http://setkab.go.id